kerja sambil ngopi

Microsoft Word, sebagai salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

Tidak hanya berguna untuk membuat dan mengedit teks, tetapi juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memodifikasi grafik.

Grafik merupakan alat visualisasi data yang penting untuk memperkaya tampilan visual konten, meningkatkan nilai informatif, dan membantu pembaca dalam memahami data yang disajikan.

Itulah kenapa penting untuk kita mengetahui cara membuat grafik di word.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 macam-macam grafik pada Microsoft Word yang seringa atau umum digunakan dan panduan lengkap untuk membuat dan memodifikasi grafik tersebut.

Apa itu Grafik?

grafik

Grafik adalah alat visualisasi data yang digunakan untuk menyajikan informasi secara visual, dengan menggunakan simbol, bentuk, warna, dan garis.

Grafik membantu mengelola, menganalisis, dan menyajikan data sehingga lebih mudah dipahami dan ditafsirkan oleh pembaca atau pengguna.

Grafik memiliki kelebihan dalam menyampaikan pola, tren, hubungan, dan perbedaan dalam data yang mungkin sulit ditemukan melalui teks atau angka saja.

Selain membahas cara membuat grafik di Word, Anda juga perlu mengetahui elemen apa saja yang ada di dalam grafik.

Berikut adalah beberapa komponen umum yang ditemukan pada sebagian besar grafik:

Judul

Judul grafik merupakan deskripsi singkat dan jelas tentang apa yang disajikan dalam grafik.

Judul biasanya diletakkan di bagian atas grafik dan memberikan gambaran tentang tujuan visualisasi data tersebut.

Sumbu

Sumbu adalah garis horizontal (sumbu X) dan vertikal (sumbu Y) yang digunakan untuk menggabungkan data dalam grafik.

Sumbu membantu pembaca dalam memahami nilai dan kategori yang disajikan pada grafik. Pada beberapa grafik, seperti grafik lingkaran dan donat, sumbu tidak digunakan.

Skala

Skala menunjukkan kisaran nilai yang digunakan dalam grafik.

Skala biasanya ditemukan pada sumbu X dan Y dan digunakan untuk memastikan bahwa data disajikan dalam proporsi yang benar.

Data Series

Data series adalah sekelompok poin atau elemen data yang diwakili dalam grafik, seperti batang dalam grafik batang, lingkaran dalam grafik lingkaran, atau garis dalam grafik garis.

Legend/Legenda

Legenda adalah keterangan yang menjelaskan berbagai simbol, warna, atau bentuk yang digunakan dalam grafik.

Legenda membantu pembaca untuk mengidentifikasi data series atau kategori yang disajikan dan membandingkannya satu sama lain.

Macam-Macam Grafik pada Microsoft Word

contoh grafik

Ada berbagai macam jenis grafik yang ada pada Microsoft word dengan fungsinya masing-masing.

Tentunya saja semuanya dapat mmenuhi kebutuhan Anda sesuai dengan data yang akan dibuat. Berikut adalah 7 macam grafik dan fungsi kegunaannya dalam Microsoft word.

  1. Grafik batang merupakan alat visualisasi data yang umum digunakan untuk membandingkan jumlah, frekuensi, atau nilai antara kategori yang berbeda. Bentuk grafik batang ini juga ada beberapa jenis, ada Histogram, Bar, Waterfall dan Column.
  2. Grafik lingkaran digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk persentase dari total keseluruhan.
  3. Grafik garis berguna untuk menampilkan tren data sepanjang waktu, seperti penjualan per bulan atau perkembangan jumlah pengunjung blog.
  4. Plot Scatter plot digunakan untuk menampilkan hubungan antara dua variabel, seperti hubungan antara usia dan pendapatan.
  5. Grafik area menampilkan data dalam bentuk yang mengisi area di bawah garis. Biasanya digunakan untuk menunjukkan bagaimana suatu variabel terbagi dari waktu ke waktu, seperti proporsi penjualan per produk.
  6. Grafik radar berfungsi untuk menggambarkan data multivariat dalam beberapa variabel dengan menggabungkan plot series dengan titik ujung.
  7. Bagan adalah grafik yang menggambarkan struktur organisasi atau aliran proses.

Cara Buat Grafik di Word

Membuat grafik dalam penyajian data sangat penting karena memberikan sejumlah manfaat. BerikutĀ  tutorial cara membuat grafik di Word dengan menggunakan diagram batang:

  1. Buka file Word yang akan ditambahkan dengan grafik. Sebaiknya buat datanya terlebih dahulu dalam Excel secara lengkap sehingga saat Anda membuat grafik tidak perlu mengisinya secara manual.
  2. Pada toolbars word, klik Insert, lalu pilih Chart kemudian pilih model grafik batang pada kotak yang muncul.
    menu chart
  3. Grafik batang memiliki beberapa model atau jenis, ada tipe Column, Bar, Histogram dan Waterfall. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam tutorial ini kita akan memilih Column.
  4. Atur grafik, isi keterangan yang sesuai, pilih desain yang Anda inginkan dan warna grafik pada Chart Design.
    menu chart design
  5. Misalkan Anda ingin cara membuat grafik di word seperti grafik data keuangan yang masuk, maka isi bagian baris Series dengan tahun dan kolom Category dengan nama bulan. Grafik akan otomatis terisi data keuangan Anda sesuai bulan dan tahunnya. Kemudian simpan dokumen.

Penutup

Dengan memanfaatkan grafik dalam Word Anda, Anda dapat mengoptimalkan dokumen tersebut dengan cara menyampaikan informasi yang lebih jelas, memudahkan pemahaman bagi pembaca, dan meningkatkan preferensi orang lain terhadap Anda.

Selain itu, penggunaan grafik yang tepat dapat membantu Anda untuk lebih efektif dalam menyampaikan pesan, mempengaruhi proses pengambilan keputusan, dan menyoroti tren atau pola yang mungkin tidak mudah dilihat melalui teks saja.

Dalam memahami cara membuat grafik di word dan memodifikasi grafik pada Microsoft Word, pastikan Anda memilih tipe grafik yang sesuai dengan data yang Anda miliki dan tujuan yang ingin Anda capai.

Jangan lupa untuk menjaga konsistensi dalam penampilan grafik dan memastikan mereka mudah dibaca dan dianalisis oleh pembaca.

Dengan begitu, konten Anda akan menjadi lebih berharga dan menarik bagi pembaca, serta memiliki potensi lebih besar untuk berhasil dalam persaingan bisnis.

F.A.Q

Content Writer | + posts

Writerpreneur, Blogger

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Word