Apa Itu Freeze Panes Excel dan Bagaimana Cara Freeze di Excel

Ingin agar baris atau kolom tetap terlihat dan tidak bergerak ketika scroll ke samping atau ke bawah saat mengerjakan Excel?

Untuk melakukannya, Anda harus memahami cara freeze di Excel yang berfungsi sebagai pengunci kolom dan baris.

Dengan adanya fitur Freeze Panes, Anda tak perlu bolak balik menggulir mouse ke atas dan ke bawah saat ingin melihat data.

Proses pengerjaan lembar kerja pun jauh lebih efisien karena Anda bisa lebih mudah melihat isi kolom dan baris yang dikunci.

Jadi, bagaimana cara menggunakan Freeze Panes Excel ini? Berikut penjelasannya.

Mengenal Apa itu Freeze Panes Excel

Freeze Panes adalah salah satu fitur di dalam Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk mengunci kolom atau baris.

Ketika fitur ini diaktifkan, Anda tetap dapat menggulir (scroll) mouse namun kolom dan barisnya tetap kelihatan dan tidak bergerak. Jadi, kolom dan/atau baris yang terkunci tetap berada di layar dan tak bisa digeser-geser.

Anda dapat menemukan fitur ini di atas tab jendela lembar kerja Excel. Untuk mengaktifkannya, cukup klik View tab.

Lalu klik menu dropdown Freeze Panes dan pilih opsi Freeze Panes. Apabila fitur ini sudah aktif, maka akan muncul garis tipis yang menunjukkan di mana lembar kerja Excel dikunci.

Jadi bisa dikatakan bahwa Freeze Panes bertujuan agar baris maupun kolom tetap terlihat, sementara lembar kerja dapat bergerak.

Apabila Anda menguasai cara freeze di Excel, maka tindakan mengunci baris, kolom atau keduanya sekaligus jadi lebih mudah.

Fitur pengunci baris dan kolom tersebut dapat Anda temukan di Office Excel 2007 hingga versi terbaru Excel 365.

Ini Keuntungan Menggunakan Fitur Freeze Panes di Excel

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan cara freeze di Excel worksheet. Keuntungan-keuntungan tersebut seperti:

  1. Dapat Mengunci Kolom Pertama dari Sebuah Lembar Kerja Excel
    Ini penting jika Anda ingin menjadikan sebuah kolom sebagai acuan dalam membaca lembar kerja. Maka ketika menggeser kursor ke kanan, kolom pertama yang dikunci masih bisa terlihat dan tidak bergerak.
  2. Untuk Mengunci Baris Pertama Sebuah Lembar Kerja Excel
    Seperti penjelasan di atas, tindakan mengunci baris ini bermanfaat ketika Anda ingin menjadikan baris pertama yang terkunci sebagai acuan. Jadi saat Anda menggulirkan mouse ke bawah, baris yang terkunci masih bisa terlihat.
  3. Mengunci atau Membekukan Lebih dari Satu Baris Pada Lembar Kerja Excel
    Bila Anda ingin menjadikan beberapa baris sebagai acuan di lembar kerja, maka bisa menggunakan fungsi Freeze Panes ini. Dengan begitu Anda masih bisa melihat beberapa baris tersebut ketika scrolling ke bawah.
  4. Membekukan Lebih dari Satu Kolom Pada Lembar Kerja Excel
    Ketika ingin menjadikan beberapa kolom sebagai acuan saat scrolling ke kanan, maka bisa menggunakan Freeze Panes. Fungsi ini akan mengunci beberapa kolom sehingga tidak bergerak dan tetap terlihat ketika menggeser mouse ke kanan.
  5. Mempermudah Ketika Ingin Mengunci Baris dan Kolom Sekaligus
    Ingin menggunakan baris dan kolom sekaligus sebagai acuan? Gunakan Freeze Panes karena fitur ini mampu mengunci baik baris dan kolom secara bersamaan.

Bagaimana Cara Menggunakan Freeze Panes?

Bagaimana Cara Menggunakan Freeze Panes

Secara umum, cara freeze Excel yakni dengan menggunakan menu atau tombol freeze. Aktifkan fitur ini dengan cara:

  1. Klik Tab View.
  2. Kemudian buka tab Windows Group Views.
  3. Pilih opsi Freeze Panes.
  4. Selain Freeze Panes, Anda akan mendapati menu Freeze Top Row dan Freeze Top Column di menu dropdown Freeze Panes.

Dari menu tersebut, Anda dapat bereksplorasi mencoba opsi-opsi Freeze Panes yang tersedia sesuai kebutuhan dalam pengelolaan lembar kerja Excel.

Begini Cara Freeze Baris Pertama

Apa yang harus dilakukan bila ingin mengunci baris pertama pada lembar kerja Excel? Cara freeze baris Excel pertama agar tidak ikut bergerak ketika digeser adalah seperti berikut:

  1. Buka dokumen atau lembar kerja Excel yang ingin Anda sunting.
  2. Klik pada Tab View atau Tampilan pada menu bar.
  3. Kemudian pada Group Windows yang berisi berbagai menu seperti Jendela Baru, Cairkan Panel, Atur Semua dan seterusnya.
  4. Pilih Freeze Panes.
  5. Pilih menu Freeze Top Row atau Bekukan Baris Teratas untuk membekukan baris pertama lembar kerja Excel.

Dengan melakukan cara freeze di Excel tersebut, baris pertama pada lembar kerja tak akan bergerak ketika Anda menggulir ke bawah.

Sebelum mengaktifkan fitur Freeze Top Row, pastikan posisi baris pertama yang akan dikunci terlihat di lembar kerja.

Sedangkan yang dimaksud baris pertama bukan baris nomor 1, melainkan baris paling atas yang sedang aktif di worksheet.

Cara Freeze Kolom Pertama

Bagaimana kalau ingin membekukan kolom pertama pada lembar kerja Excel? Cara freeze kolom Excel pertama agar tidak ikut bergeser ketika Anda scrolling ke kanan yakni sebagai berikut:

  1. Buka dokumen atau lembar kerja Microsoft Excel yang ingin Anda edit.
  2. Ketika akan mengunci kolom Excel menggunakan Freeze Panes, pastikan kolom tersebut berada di posisi paling kiri.
  3. Kemudian pilih Tab View yang ada di menu bar.
  4. Pada Group Windows pilih Freeze Panes.
  5. Klik opsi Freeze First Column atau Bekukan Kolom Pertama untuk membekukan kolom pertama di Excel.
  6. Apabila langkah freeze berhasil, maka kolom pertama Excel tak akan bergerak ketika Anda scroll atau menggulir lembar kerja ke kanan.

Seperti cara freeze di Excel baris pertama, kolom pertama di sini adalah kolom paling kiri yang aktif di lembar kerja.

Misalkan kolom paling kiri yang sedang aktif adalah kolom D. Ketika Anda memilih Freeze First Column, maka kolom ini tidak akan bergerak saat Anda scrolling ke kanan. Sementara itu, kolom A, B dan C akan tersembunyi.

Cara Freeze Lebih Dari Satu Baris yang Sederhana

Cara Freeze Lebih Dari Satu Baris yang Sederhana

Freeze Panes bukan hanya bisa membekukan satu baris Excel saja, namun bisa digunakan untuk membekukan beberapa baris (Rows) di Excel.

Fungsi Freeze Top Row digunakan untuk membekukan satu baris, kalau Anda ingin membekukan beberapa baris Excel maka caranya seperti ini:

  1. Seleksi baris di bawah baris paling bawah yang akan Anda freeze. Anda dapat melakukannya dengan mengklik penunjuk nomor baris di bagian paling kiri lembar kerja Excel. Sebagai contoh Anda ingin mengunci baris ke 1-4, maka seleksi semua sel yang ada di baris bawahnya yakni baris ke-5.
  2. Kemudian pilih Tab View yang ada di menu bar, lanjut pilih Group Window, lalu Freeze Panes.
  3. Klik menu Freeze Panes.

Langkah yang dilakukan serupa dengan langkah membekukan satu baris worksheet sebelumnya, tetapi output yang dihasilkan akan berbeda.

Karena setelah melakukan langkah-langkah di atas baris 1-4 akan terkunci dan tidak akan bergerak ketika Anda scrolling.

Bagaimana Cara Freeze Lebih Dari Satu Kolom?

Selain mengunci lebih dari satu baris Excel, apakah Freeze Panes bisa dipakai untuk mengunci banyak kolom? Tentu saja bisa.

Anda dapat menerapkan cara freeze di Excel untuk mengunci beberapa kolom sekaligus. Caranya seperti ini:

  1. Buka dokumen atau lembar kerja Microsoft Excel yang ingin Anda sunting.
  2. Seleksi kolom yang ada di sebelah kanan kolom paling kanan dari beberapa kolom yang ingin dikunci. Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik nama kolom di bagian atas. Jadi, misalkan Anda ingin mengunci kolom A sampai D, maka seleksi seluruh kolom E.
  3. Kemudian pilih Tab View yang ada di menu bar, lanjut pilih Group Window, lalu Freeze Panes.
  4. Klik menu Freeze Panes.

Hasil dari langkah-langkah di atas adalah kolom A, B, C dan D tak akan bergerak ketika Anda melakukan scrolling ke kanan.

Panduan Cara Freeze Kolom dan Baris Sekaligus Secara Bersamaan yang Mudah

Langkah-langkah di atas menunjukkan cara freeze Excel untuk satu atau lebih kolom atau baris saja. Jadi, bagaimana kalau ingin menerapkan Freeze Panes pada baris dan kolom di lembar kerja Excel secara bersamaan?

Cara freeze di Excel juga dapat diterapkan ketika ingin mengunci kolom dan baris secara bersamaan di lembar kerja Excel. Berikut caranya:

  1. Buka dokumen atau lembar kerja Microsoft Excel yang ingin disunting.
  2. Seleksi sel yang ada di bawah baris paling bawah dan sel yang ada di sebelah kanan kolom paling kanan dari baris serta kolom yang ingin dikunci bersamaan. Misalkan Anda ingin mengunci baris nomor 1-2 dan kolom A-B. Selanjutnya, letakkan kursor di sel yang aktif, yakni di kolom ke 3 baris ke 3 (C3).
  3. Kemudian klik Tab View yang ada di menu bar dan pilih Group Window, lalu Freeze Panes.
  4. Pilih menu Freeze Panes untuk mengunci baik kolom dan baris secara bersama-sama.

Cara Unfreeze di Excel untuk Membatalkan Penguncian

Ketika Anda sudah tidak membutuhkan peran Freeze Panes, maka harus menonaktifkan atau unfreeze fitur tersebut. Anda dapat menonaktifkan fitur freeze dengan menggunakan menu Unfreeze Panes. Menu tersebut berada di Tab ViewGroup Window Freeze Panes.

Anda juga dapat menonaktifkan fitur Freeze Panes ketika terjadi kesalahan dalam pemilihan baris atau kolom yang akan dikunci. Sebagai catatan, menu Unfreeze Panes hanya akan muncul ketika fitur Freeze Panes di lembar kerja Excel sedang aktif. Dengan kata lain setelah Anda menerapkan cara freeze di Excel untuk mengunci baris dan/atau kolom.

Selain menerapkan cara freeze di Excel seperti diterangkan di atas, Anda juga dapat menggunakan fitur Split. Fitur ini memiliki fungsi menyerupai Freeze Panes namun cara pengoperasiannya cukup membingungkan bagi pemula. Selamat mencoba!

FAQ

 

 

Content Writer | + posts

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Excel