perempuan memegang piala

Tenis adalah salah satu olahraga yang memiliki warisan yang kaya dan telah melahirkan banyak pemain terbaik di tingkat internasional.

Sejak tenis lapangan mulai populer dan diperlombakan di tingkat dunia, ada banyak sekali pemain tenis wanita yang berhasil mengukir namanya berkat prestasi luar biasa hingga meninggalkan sejarah tak terlupakan.

Beberapa pemain tenis asal Asia pun berhasil masuk dalam jajaran atlet tenis terhebat di dunia, yaitu Naomi Osaka.

Atlet asal Jepang ini juga berhasil masuk dalam jajaran atlet wanita dengan penghasilan tertinggi.

Selain Naomi Osaka, ada banyak sekali nama-nama petenis wanita hebat, seperti Serena Williams sebagai pemain tenis termahal di dunia dan masih banyak lainnya.

10 Petenis Wanita Terbaik Sepanjang Masa

Berbincang tentang pemain tenis wanita terhebat, beberapa nama berikut sudah membuktikan prestasi dan keberhasilan kariernya.

1. Serena Williams

Serena Williams

Pemain tenis wanita pertama yang wajib ada di daftar ini adalah Serena Williams.

Dengan total 23 gelar Grand Slam tunggal, ia berhasil menjadi pemain tenis wanita dengan jumlah gelar Grand Slam terbanyak dalam sejarah.

Ketekunan dan kekuatan fisiknya telah membantu Serena menjadi salah satu pemain terkemuka di seluruh dunia.

Serena Williams juga merupakan saudara kandung dari Venus Williams yang berhasil menjadi atlet terhebat dengan mencetak skor kemenangan sebanyak 566 dan kalah sebanyak 110.

Kekuatan utama dari petenis wanita ini adalah ketahanan mental yang baik di lapangan. Jadi, drive yang diluncurkan selalu fokus dan optimal.

Meski demikian, Serena Williams juga masih memiliki kekurangan dalam hal konsentrasi, di mana ia sering kali tergelincir pada satu ajang setelah sebelumnya berhasil di ajang lain.

Dengan segudang prestasi yang berhasil dicapai, hadiah uang yang pernah diterima oleh Serena rata-rata berjumlah Rp492 miliar.

2. Steffi Graf

Steffi Graf

Steffi Graf dengan 22 gelar Grand Slam tunggal berhasil menjadi pemain tenis wanita terbaik pada era 1980-an dan 1990-an.

Dirinya juga berhasil mendapatkan 107 gelar lainnya sepanjang masa kariernya.

Graf mampu menciptakan dampak besar pada dunia tenis dengan style permainannya yang agresif dan ketangguhan luar biasa.

Dirinya juga sempat menduduki puncak ranking petenis wanita terbaik dunia selama kurun waktu 377 minggu.

Petenis yang selalu cemerlang baik di lapangan rumput maupun tanah liat iniĀ  identik dengan pukulan forehand yang sangat kuat dan terarah.

Dari sejumlah pertandingan yang pernah dimenangkan, hadiah uang yang pernah diterima Steffi Graf rata-rata berjumlah Rp253,65 miliar.

3. Martina Navratilova

Martina Navratilova

Martina Navratilova adalah pemain tenis wanita yang dominan pada era 1970-an dan 1980-an.

18 gelar Grand Slam tunggal berhasil dirinya raih beserta dengan 31 gelar Grand Slam ganda.

Akurasi dan keunggulan tekniknya adalah alasan mengapa Navratilova dianggap sebagai salah satu atlet tenis wanita terbaik sepanjang masa.

Selain gelar Grand Slam, Martina Navratilova juga berhasil mengantongi 167 gelar pada ajang bergengsi lainnya.

Kini dirinya sudah berusia 52 tahun dan menjalani kehidupannya tidak jauh dari olahraga tenis. Rata-rata hadiah uang yang berhasil diterimanya adalah Rp250,5 miliar.

4. Margaret Court

Margaret Court

Margaret Court, dengan total 24 gelar Grand Slam tunggal, adalah satu-satunya pemain tenis wanita dalam sejarah yang berhasil meraih Grand Slam secara langsung dalam satu tahun, yakni pada tahun 1970.

Keberhasilan ini membuatnya tercatat sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah tenis. Persentase rekor kemenangan Margaret mencapai 91,76%.

Semua hal tersebut berhasil berkat dedikasi dan latihan fisik yang kuat, mengingat pada tahun 60-an tenis merupakan olahraga berat bagi wanita.

Hadiah uang yang pernah diterimanya rata-rata berjumlah Rp2,3 miliar.

5. Chris Evert

Chris Evert

Chris Evert adalah pemain tenis wanita dari Amerika Serikat yang meraih 18 gelar Grand Slam tunggal selama kariernya.

Gayanya yang tenang dan konsisten pada saat bermain merupakan ciri khas dari Evert.

Sepanjang perjalanan kariernya, Evert berhasil memenangkan pertandingan sebanyak 1309 kali dan kalah 145 kali.

Bahkan selama 3 musim berturut-turut pada tahun 1974 hingga 1986, Evert berhasil memenangkan pertandingan paling tidak satu gelar bergengsi setiap tahunnya.

Total hadiah yang berhasil diterima dari turnamen bergengsi yang dijuarainya adalah Rp103 miliar.

6. Billie Jean King

Billie Jean King

Billie Jean King dikenal bukan hanya karena prestasinya di lapangan tenis, tetapi juga karena perjuangannya untuk kesetaraan dalam dunia olahraga.

Ia meraih 12 gelar Grand Slam tunggal dan 84 gelar pada ajang bergengsi lainnya. Billie Jean King juga merupakan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah tenis.

Billie dikenal karena usahanya yang gigih untuk bisa menyelamatkan olahraga tenis. Salah satunya ketika bertanding melawan Bobi Rings pada tahun 1973.

Pertandingan ini dikenal dengan nama Battle of Sexes dan berhasil dimenangkan oleh Billie. Hadiah yang berhasil diraihnya yaitu sebanyak Rp22,7 miliar.

7. Monica Seles

Monica Seles

Monica Seles merupakan satu di antara pemain tenis wanita populer dan terbaik di era 1990-an.

Dengan permainan yang agresif dan kuat, ia berhasil meraih 9 gelar Grand Slam tunggal meskipun kariernya terpaksa terhenti akibat insiden penusukan yang menimpanya.

Insiden tersebut terjadi pada tahun 1993 ketika Monica sedang bertanding melawan Magdalena Maleeva pada sebuah ajang bergengsi di Jerman.

Insiden tersebut membuat Monica berhenti berkarier sebagai atlet tenis lapangan. Total hadiah yang berhasil diraihnya adalah Rp172,5 miliar.

8. Justine Henin

Justine Henin

Justine Henin, dari Belgia, berhasil mengukir prestasi dengan memenangkan tujuh kejuaraan Grand Slam tunggal.

Meskipun tingginya hanya 1,67 meter, ia berhasil mengatasi kekurangan tersebut dengan kemampuan teknis dan mental yang luar biasa.

Justine Henin mencatat 525 kemenangan dan mengalami 115 kekalahan selama kariernya.

Dirinya sempat menduduki peringkat petenis wanita dunia dalam kurun waktu lebih lama dari legendaris Steffi Grad, Chris Evert dan Martina Navratilova.

Berkat permainan efektif yang disuguhkan pada setiap pertandingan, ia mendapat banyak pujian dari para penggemar tenis dunia.

Rata-rata jumlah hadiah uang yang berhasil didapatkannya sebesar Rp241,7 miliar.

9. Venus Williams

Venus Williams

Saudari Serena Williams ini juga merupakan petenis wanita dunia yang berhasil memegang gelar 7 Grand Slam di sepanjang kariernya.

Meskipun banyak pengamat yang mengatakan bahwa kariernya di bayang-bayangi oleh kesuksesan saudarinya, namun Venus berhasil membuktikan diri dan terbukti meraih karier gemilang.

Bukan hanya itu saja, perempuan manis berkulit gelap ini juga sempat menduduki rangking petenis wanita terbaik dunia dengan hadiah uang yang berhasil diraihnya mencapai Rp331,5 milyar.

10. Martina Hingis

Martina Hingis

Martina Hingis adalah petenis asal Swiss yang berhasil meraih 5 Grand Slam.

Bahkan dia berhasil mencetak rekor kemenangan sebanyak 548 dan kalah sebanyak 163 kali.

Martina memulai karier sebagai atlet tenis profesional sejak usianya masih 14 tahun pada 1994.

Semenjak itu Martina berhasil mendapatkan lebih dari 40 gelar dan sempat menduduki rangking pertama dalam petenis wanita terbaik dunia.

Namun sayangnya Martina mengalami cedera ligamen pada kedua pergelangan kakinya yang mengharuskan dia pensiun dini pada usia 22 tahun.

Total hadiah yang berhasil diraihnya mencapai Rp233,2 milyar. Gaung tenis lapangan di Indonesia memang masih kalah jauh dengan bulu tangkis.

Meski demikian, beberapa nama petenis wanita terbaik dunia di atas telah berhasil menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya kaum hawa untuk terjun ke lapangan.

Hingga kini terbentuklah trend tenis lapangan di kalangan artis Tanah Air.

F.A.Q

Serena Williams 23 gelar Grand Slam, Steffi Graf 22 gelar Grand Slam, Martina Navratilova 18 gelar Grand Slam tunggal dan 31 gelar Grand Slam ganda, Margaret Court 24 gelar Grand Slam, Chris Evert 18 gelar Grand Slam, Billie Jean King 12 gelar Grand Slam, Monica SelesĀ  9 gelar Grand Slam, Justine Henin 7 gelar Grand Slam, Venus Williams 7 Grand Slam, dan Martina Hingis 5 Grand Slam.

Selain Grand Slam, beberapa atlet terbaik di atas juga berhasil menjuarai turnamen internasional dengan hadiah uang yang cukup fantastis.

Serena identik dengan gaya permainannya yang agresif dengan kekuatan fisik terbaik. Sementara Steffi identik dengan pukulan forehand yang sangat kuat dan terarah.

Content Writer | + posts

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Editor at Maen Media | + posts

Hiari merupakan seorang content editor di InboundID dalam hampir dua tahun terakhir.

Di luar itu, ia juga berpengalaman sebagai penulis lepas. Ia telah mengulas ratusan artikel untuk berbagai merek ternama dalam berbagai topik, seperti olahraga, kesehatan, properti, elektronik, gaya hidup, dan lainnya.

Ia memiliki ketertarikan terhadap pop culture dan punya hobi bermain mid-end game.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tenis