Strategi Penyerangan Efektif di Bulu Tangkis

Demi memenangkan pertandingan, pola penyerangan bulu tangkis harus diterapkan dengan tepat. Perlu adanya latihan supaya penyerangan dapat berhasil.

Apa saja yang termasuk dalam pola penyerangan ini dan bagaimana sebaiknya pemain menerapkannya?

Mengenal Pengertian Pola Penyerangan Bulu Tangkis

Secara pengertian, pola penyerangan dalam olahraga bulu tangkis adalah langkah penting untuk bisa mencetak angka selama permainan.

Perlu adanya perhitungan yang matang atas kemungkinan serangan yang akan dilakukan. Tujuannya agar ketika menyerang, pemain tidak akan diserang oleh lawan.

Pemain harus bisa menyusun posisi dan berbagai strategi untuk bisa menyerang balik sampai akhirnya meraih kemenangan.

Jenis-Jenis Pola Penyerangan Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda

Ada dua jenis kategori permainan bulu tangkis yaitu tunggal dan ganda. Masing-masing memiliki pola penyerangan yang hampir sama.

Satu hal yang membedakan dari pola penyerangan adalah posisi dari bulu tangkis ganda. Kedua pemain harus bisa mempertahankan posisinya masing-masing.

Sedangkan pada pemain tunggal harus bisa menjaga seluruh area ketika sedang menyerang. Berikut ini beberapa pola penyerangan yang perlu diterapkan:

  1. Penyerangan Drop Shot  

Mengutip dari Master Badminton.com, pola penyerangan drop shot ini termasuk pukulan semi offensive. Pukulannya sendiri dilakukan dari area belakang lapangan.

Tujuan dari pukulan ini adalah untuk membuat lawan main merasa tidak nyaman kemudian maju mendekati net.

Pemain harus bisa menggunakan tenaga yang lebih lembut saat memukul supaya bola jatuh dengan cepat di sisi lapangan lawan bagian tengah.

Pada saat pemain lawan berada di belakang lapangan maka mereka harus berlari dengan cepat menuju area tengah hingga depan agar bisa menangkis shuttlecock.

  1. Penyerangan Netting 

Disebut dengan netting karena pukulan akan membuat shuttlecock bisa jatuh di area dekat dengan net.

Pemain harus bisa memukul dengan jarak yang pendek dan juga rendah sehingga shuttlecock akan melewati net dengan sangat cepat.

Tujuannya untuk menjatuhkan shuttlecock di dekat net juga akan membuat pemain lawan kelabakan saat berada di tengah atau belakang lapangan demi bisa membalas serangan.

  1. Penyerangan Drive  

Kecepatan dan ketepatan dalam memukul shuttlecock adalah kunci dalam melakukan serangan ini. Shuttlecock harus dipukul dengan kekuatan penuh layaknya netting.

Shuttlecock diharapkan bisa bergerak dengan sangat cepat ke arah lawan dan merasa kesulitan untuk menangkalnya.

Pemain harus bisa menjaga keseimbangan supaya bisa melakukan pola serangan drive. Posisi pemain biasanya berada di bagian tengah lapangan baik itu di sisi kiri maupun kanan.

  1. Penyerangan Berpasangan 

Biasa digunakan untuk pertandingan bulu tangkis ganda, di mana posisinya pemain ada di depan dan juga belakang.

Serangan dilakukan secara bergantian antara pemain depan dan juga belakang dengan ritme yang tidak bisa ditebak.

Pola penyerangan ini membutuhkan komunikasi yang baik antar pemain sehingga mengetahui siapa yang akan melakukan penyerangan ketika shuttlecock masuk.

Tujuan dari pola penyerangan ini adalah untuk mengecoh lawan sehingga mereka tidak tahu manakah dari pemain yang akan menyerang.

  1. Penyerangan Smash

Salah satu pola penyerangan yang paling populer dan banyak digunakan pada semua jenis permainan dengan raket termasuk tenis.

Pada bulu tangkis, smash adalah pukulan yang sangat keras sekaligus tajam dengan tujuan untuk mengakhiri permainan hanya dengan satu pukulan saja.

Perlu teknik dan perkiraan yang akurat untuk melakukannya karena dibutuhkan kekuatan serta kecepatan yang sangat tinggi saat shuttlecock masuk.

Pemain harus bisa mengatur jarak untuk melakukan smash yaitu pada bagian tengah lapangan hingga mendekati net.

Biasanya dibutuhkan jump smash untuk bisa menciptakan sudut yang tinggi demi mencapai kok yang melayang kemudian mengembalikannya ke arah lawan dengan cepat.

Prinsip-Prinsip Pola Penyerangan Bulu Tangkis yang Harus Diterapkan

Mengacu pada pola penyerangan saat pertandingan bulu tangkis, ada beberapa prinsip yang harus diterapkan supaya dapat berhasil.

Para pemain harus menguasai beberapa hal berikut ini:

  1. Memukul dengan Kuat 

Setiap melakukan penyerangan, pemain harus bisa memukul shuttlecock yang masuk dengan cukup kuat tergantung dengan jenis yang akan digunakan.

Kekuatan ini bisa didapatkan dengan melatih fisik dengan pemanasan dan juga latihan dengan benar.

  1. Berkomunikasi dengan Teman Bertanding  

Pada permainan bulu tangkis ganda, pemain harus bisa saling berkomunikasi dengan baik. Lebih baik pula jika sebelumnya sudah merencanakan strategi.

Misalnya di babak berapa akan mulai menyerang sekaligus posisi pertahanan seperti apa yang akan menguntungkan penyerangan.

  1. Kecepatan  

Tidak kalah penting adalah prinsip kecepatan yang akan digunakan dalam semua pola penyerangan.

Kecepatan pemain dalam mengembalikan kok dengan menyerang bisa didapatkan dengan cara berlatih. Pemain harus terbiasa untuk berpikir dan bergerak dengan cepat.

Teknik-Teknik Pola Penyerangan Bulu Tangkis sebagai Kunci Mencetak Poin

Supaya bisa lebih berhasil lagi, ada beberapa teknik penyerangan yang harus dilatih oleh pemain. Berikut ini beberapa tekniknya:

  1. Melakukan Backhand Drop Shot 

Ketika shuttlecock tampak jauh dari  jangkauan maka pemain bisa menerapkan teknik backhand drop shot.

Teknik ini dimulai dengan mengambil beberapa langkah untuk menjangkau kok kemudian tekuk lutut sedikit dan memukul kok dengan menekuk sedikit kaki kiri.  

  1. Melakukan Forehand Drop Shot  

Berbagai serangan bisa dilakukan dengan teknik ini, pemain hanya perlu merendahkan tubuh sedikit, berlari dan arahkan tubuh ke depan ke sisi forehand pada net ketika hendak memukul.

Bagi pemain tunggal, berada di posisi tengah akan sangat menguntungkan saat melakukan teknik penyerangan.

Pemain bisa dengan mudah melihat pergerakan kok dengan cepat dan bisa langsung menyerang.

Cara Meningkatkan Keberhasilan Pola Penyerangan Bulu Tangkis

Latihan dengan rutin adalah cara utama untuk meningkatkan keberhasilan dalam penyerangan saat pertandingan.

Oleh karena itulah ada beberapa hal yang harus dilatih oleh para pemain yaitu kekuatan, daya tahan, daya ledak, kecepatan, daya lentur hingga kelincahan.

Semuanya akan berpengaruh untuk menentukan apakah pemain sigap dalam menghadapi serangan dan bertahan.

Begitu juga saat melakukan penyerangan kepada pemain lawan. Jika semua faktor ini dipenuhi maka kemungkinan menang dan mencetak banyak gol akan didapatkan.

FAQ

Pemain harus memperhatikan kekuatan dan komunikasi antar pemain.  

Pemain wajib berlatih dan mencoba berbagai teknik serangan.  

Kemampuan pemain menjadi faktor penting yaitu, kekuatan, daya tahan, daya ledak, kecepatan, daya lentur hingga kelincahan.  

Pada pola penyerangan bulu tangkis semua pemain harus yakin akan langkah menyerang yang harus diambil. Begitu juga dengan menguasai teknik dan menerapkannya di waktu yang tepat.  

Content Writer at Maen Media | + posts
Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bulutangkis