Intip Biaya Pernikahan Adat Sunda Beserta Prosesinya

Biaya pernikahan adat Sunda terkenal mahal yang bisa menghabiskan hingga ratusan juta rupiah.

Pernikahannya pun penuh dengan berbagai macam upacara adat dengan tambahan resepsi yang digelar dengan mewah.

Setiap upacara memiliki makna yang cukup dalam bagi masyarakat Sunda oleh karena itulah tidak bisa dilewatkan. Seperti apakah rincian biayanya?

Biaya Pernikahan Adat Sunda sesuai dengan Prosesinya

Mahalnya biaya pernikahan Sunda bukan hanya soal upacara adat namun juga dipengaruhi oleh jumlah undangan, jenis konsumsi yang dipilih dan sewa tempat.

Biayanya sendiri bisa lebih minimalis jika kedua calon pengantin bisa memilih tempat yang sederhana dan makanan yang tidak harus mewah.

Berikut ini rincian biayanya sesuai dengan prosesi yang berlangsung:

1. Neundeun Omong

Arti dari neundeun omong adalah menaruh omongan. Sesuai dengan artinya, acara yang berlangsung bertujuan untuk membicarakan pernikahan.

Pihak laki-laki akan datang ke rumah calon pengantin wanita untuk meminang. Mengingat acara ini baru memberikan omongan maka berbeda dengan lamaran.

Intinya adalah pihak laki-laki hanya menyampaikan bahwa memiliki niat untuk meminang sang wanita.

Biayanya bisa lebih minimalis sekitar Rp500.000 hingga Rp1.000.000 karena tidak ada upacara adat khusus yang dilakukan. Selain itu hanya keluarga pihak laki-laki yang datang.

2. Narosan

Saat pihak pria menyampaikan keinginan untuk meminang maka pihak keluarga wanita tidak akan langsung menjawab.

Jawaban akan dilanjutkan pada prosesi narosan yaitu di mana pihak pria datang kembali ke rumah calon mempelai wanita untuk mendengarkan jawaban.

Acara bisa berlangsung lebih formal namun tidak sebesar lamaran. Biayanya bisa mencapai Rp1.000.000.

3. Tunangan

Prosesi yang cukup sakral karena pihak pria akan datang kembali ke rumah mempelai wanita untuk memberikan seserahan dan juga mahar.

Berapa mahar suku Sunda ditentukan oleh pihak mempelai wanita yang disampaikan pada saat Narosan. Sehingga pihak pria bisa mempersiapkannya.

Seserahan sendiri berisi barang yang bertujuan untuk menunjang kehidupan berumah tangga nantinya. Biaya tunangan bisa mencapai Rp5.000.000 atau lebih.

4. Siraman

Sama seperti adat Jawa, pernikahan adat Sunda juga terdapat acara siraman sebelum hari H yang dilakukan di rumah masing-masing mempelai.

Prosesinya cukup panjang mulai dari membakar tujuh lilin, membasuh kaki orang tua, memandikan calon pengantin dan lainnya.

Biaya siraman juga ditentukan dengan skala tamu undangan. Biasanya membutuhkan sekitar Rp10.000.000.

5. Biaya Akad Nikah

Selama akad nikah dilakukan di kantor KUA, maka pihak pengantin tidak perlu mengeluarkan uang, hanya biaya dokumen saat pendaftaran pernikahan.

Apabila akad nikah dilakukan di tempat lain maka biayanya terbaru adalah Rp600.000. Biaya iniĀ  sama untuk seluruh daerah di Indonesia.

6. Biaya Sewa Tempat

Apabila acara akad dan resepsi dilangsungkan bersamaan maka sewa tempat akan lebih baik. Terutama jika jumlah tamu undangan cukup banyak.

Sewa tempat dengan jumlah tamu undangan sekitar 500 orang bisa sekitar Rp20.000.000 hingga Rp30.000.000.

Menyesuaikan juga dengan jumlah tamu undangan dan lokasi apakah di daerah perkotaan atau pinggiran.

Jika ingin biaya pernikahan adat Sunda sederhana, dibandingkan sewa tempat maka melakukan akad dan resepsi di rumah bisa memangkas banyak biaya.

Asalkan lokasi rumah terjangkau dan areanya cukup untuk menampung banyak tamu undangan nantinya.

7. Biaya MUA dan Sewa Busana

Ciri khas pernikahan Sunda bisa dilihat dari riasan sekaligus busananya. Oleh karena itu perlu sewa busana khusus untuk menyelenggarakan acara pernikahan.

Biasanya, sewa busana bisa bersamaan dengan MUA untuk pengantin dan juga keluarga secara lengkap.

Baik itu MUA dan juga sewa busana bisa menghabiskan biaya sekitar Rp15.000.000 bahkan lebih tergantung berapa banyak busana yang disewa.

8. Katering

Banyak pertanyaan soal biaya pernikahan adat Sunda ditanggung siapa. Khusus untuk resepsi biasanya ditanggung oleh pihak wanita.

Modern ini masalah biaya biasanya lebih sering dilakukan patungan oleh kedua mempelai. Jadi pihak pria bisa memberikan uang untuk melakukan resepsi seperti katering.

Khusus untuk katering jumlahnya akan disesuaikan dengan tamu undangan dikalikan dua. Misalnya untuk jumlah tamu undangan 100 maka pemesanan disarankan 200-250 pack.

Mengingat setiap tamu undangan kemungkinan akan mengajak pasangan atau keluarga. Jika per pack seharga Rp100.000 maka dana yang disiapkan adalah Rp25.000.000 minimalnya.

9. Mapag Panganten

Prosesi usai akad nikah yang merupakan penyambutan pasangan pengantin di tempat resepsi baik itu gedung atau rumah.

Acara akan dipimpin oleh tokoh Mang Lengser yaitu nenek-nenek jenaka dan juga para penari yang menggiring penganten ke pelaminan.

Selain itu ada acara adat lain seperti Meuleum Harupat yaitu pembakaran lidi dari tulang kelapa.

Ada juga Muka Panto yaitu mengetuk pintu sebanyak tiga kali dan dilanjutkan tanya jawab. Begitu juga nincak endog yaitu pengantin pria menginjak telur.

Biaya lengser pernikahan Sunda bisa menghabiskan biaya sekitar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 karena melibatkan banyak orang seperti penari.

Usai menyelenggarakan upacara biasanya resepsi akan dimulai dengan para tamu memberikan salam kepada pengantin dan juga keluarganya.

FAQ

Biaya akan ditanggung oleh mempelai wanita.

Biayanya bisa dari 50 juta rupiah atau lebih.

Adat nikah paling mahal adalah Sunda

Biaya pernikahan adat Sunda tidak harus mahal karena setiap upacara adat bisa disesuaikan kembali dengan budget pasangan.

Content Writer at Maen Media | + posts
Editor at Maen Media | + posts

Felicia I., kini bekerja sebagai Content Editor yang akrab dengan konten SEO dan Copywriting.

Aktif menulis sejak 2017, dan hobi mengeksplor seputar musik, K-Pop, serta film to romanticize her life.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hubungan