Setting Spray Makeup

Sebagai pencinta makeup, kamu pasti pernah mendengar tentang produk setting spray makeup. Bahkan kamu mungkin sering menggunakan produk ini jika mengikuti tutorial makeup di internet. Ternyata produk yang satu ini memang memegang peran penting dalam tahapan merias wajah.

Setting spray biasa diaplikasikan terakhir setelah kamu selesai merias wajahmu secara menyeluruh. Sesuai namanya, produk ini dipakai dengan cara di-spray atau disemprotkan ke kulit wajah. Yuk, kenalan lebih jauh dengan produk satu ini!

Apa Itu Setting Spray Makeup dan Apa Manfaatnya?

Setting spray itu sendiri merupakan sebuah produk berbentuk cairan yang disemprotkan ke kulit wajah. Manfaat utama dari produk ini adalah untuk memperpanjang daya tahan tampilan makeup. Formula setting spray dirancang secara khusus untuk membuat hasil riasan bertahan lebih lama dan tetap bagus.

Biasanya setting spray disebut sebagai produk pengunci riasan. Jadi tujuan pemakaian produk ini memang untuk menahan supaya hasil makeup nanti tetap sama persis meskipun kamu sudah beraktivitas cukup lama. Produk ini punya formula khusus untuk menjaga riasan dari paparan air, keringat, juga udara.

Tidak hanya itu, setting spray juga punya fungsi lain yaitu meningkatkan tampilan makeup. Produk ini akan mengoptimalkan tampilan akhir dari makeup yang kamu inginkan. Misalnya saja tampilan dewy, glowing, atau matte pada kulit wajah.

Perbedaan antara Setting Spray dan Fixing Spray

Selain setting spray, ada juga produk fixing spray yang cukup populer di kalangan pencinta makeup. Bagi pemula, keduanya seringkali dianggap sama padahal sebenarnya ada perbedaan mendasar yang penting untuk diketahui.

Setting spray adalah produk yang akan membantu riasan tidak luntur dan bertahan lebih lama di kulit. Produk ini akan dilengkapi penyemprot khusus agar bisa menghasilkan fine mist yang halus. Penyemprot khusus inilah yang membantu cairan produk tersebut agar lebih mudah membaur ke kulit.

Sementara itu fixing spray memiliki fungsi yang berbeda. Produk ini digunakan untuk membuat hasil riasan agar tidak terlihat terlalu matte dan cakey. Jika kamu tidak ingin wajah tampak seperti topeng, maka fixing spray ini adalah produk yang wajib kamu gunakan setelah selesai merias wajah.

Cara Membuat Setting Spray Sendiri di Rumah

Cara Membuat Setting Spray Sendiri di Rumah 

Ternyata kamu tidak harus membeli setting spray di luar sana. Kamu bisa membuat produk spray makeup sendiri di rumah yang fungsinya sama dengan setting spray. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan setting spray alami agar makeup bertahan lama:

1. Gunakan Rose Water

Rose water atau air mawar ternyata bisa menjalankan fungsi sebagai setting spray. Cara membuatnya mudah, kamu bisa membeli air mawar yang dijual di pasaran kemudian campurkan air mawar tersebut dengan gel aloe vera atau lidah buaya. Perbandingan air mawar dan gel lidah buayanya kira-kira 7:3. Setelah itu aduk sampai rata dan gunakan sebagai setting spray.

2. Manfaatkan Air Lemon

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan air lemon sebagai bahan utama setting spray. Caranya juga tidak kalah mudah. Kamu bisa menyediakan setengah gelas air, perasan buah lemon, dan gel lidah buaya kurang lebih seperempat gelas. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk rata lalu masukkan ke dalam botol spray.

Demi mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa menyimpan setting spray buatan sendiri tadi di dalam kulkas. Tujuannya untuk menjaga suhu setting spray agar tetap dingin. Selain itu cara ini akan membuat setting spray jadi terasa lebih segar saat disemprotkan ke permukaan kulit wajahmu.

Tips Memilih Setting Spray yang Cocok untuk Jenis Kulit

Tips Memilih Setting Spray yang Cocok untuk Jenis Kulit 

Ada banyak sekali pilihan produk setting spray wajah untuk makeup tahan lama yang bisa kamu temukan di pasaran. Tentunya kamu harus memilih produk yang tepat sesuai dengan tipe kulitmu. Berikut adalah beberapa tips memilih setting spray yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit sendiri:

1. Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering, sangat disarankan untuk memilih setting spray yang memiliki kandungan lidah buaya dan hindari setting spray dengan hasil akhir matte. Setting spray dari bahan rose water juga bisa jadi pilihan karena bisa membantu menghidrasi kulit dan melembapkannya secara optimal.

2. Kulit Berminyak

Jika kulitmu adalah tipe kulit berminyak, maka sangat disarankan untuk memakai setting spray yang mengandung green tea. Formula semacam ini sangat bagus untuk menenangkan kulit. Selain itu green tea juga kaya antioksidan dan bisa mencegah inflamasi yang biasanya sering dialami pemilik kulit berminyak.

Cara Menggunakan Setting Spray untuk Tampilan Makeup yang Tahan Lama

Cara Menggunakan Setting Spray untuk Tampilan Makeup yang Tahan Lama 

Tentunya pemakaian setting spray makeup ini harus dilakukan dengan tepat agar hasil riasan jadi lebih optimal dan tahan lama. Tidak hanya asal semprot karena pemakaian yang asal-asalan seperti ini justru akan merusak hasil riasanmu. Berikut adalah 3 cara pemakaian setting spray yang tepat dan bisa kamu tiru:

1. Aplikasikan sebagai Primer

Setting spray tidak hanya bisa disemprotkan di akhir tahapan merias wajah. Kamu bisa juga menyemprotkan produk ini ke kulit sebagai primer. Jadi kamu semprotkan dulu setting spray untuk mengawali tahapan makeup agar semua produk kosmetik bisa menempel sempurna.

2. Semprotkan saat Memakai Produk Krim

Kamu juga bisa menggunakan setting spray setiap kali memakai produk berbentuk krim. Cara ini ternyata terbukti efektif membuat produk krim menempel lebih sempurna ke kulitmu.

3. Gunakan di Akhir Rangkaian Makeup

Setting spray juga bisa kamu semprotkan di akhir rangkaian makeup. Setelah selesai dengan semua produk makeup di wajah, kamu bisa menyemprotkan setting spray secukupnya.

Kesalahan Umum saat Menggunakan Setting Spray Makeup

Kesalahan Umum saat Menggunakan Setting Spray 

Pemakaian setting spray yang salah tentunya akan membuat kamu tidak bisa mendapatkan manfaat yang optimal. Jadi sebaiknya kamu hindari kesalahan-kesalahan saat memakai produk ini.

Kesalahan umum pertama yang sering terjadi adalah tidak mengocok setting spray terlebih dahulu sebelum disemprotkan. Kamu seharusnya mengocok produk terlebih dahulu agar formulanya jadi merata. Kemudian hindari juga menyemprotkan setting spray dengan jarak yang terlalu dekat dan pastikan kamu tunggu sampai kering sebelum menggunakan produk lainnya.

F.A.Q

Bioaqua, Wardah, BLP, Studio Tropik, Luxcrime Glow, The Body Shop. 

Bisa dipakai di awal sebagai primer dan di akhir proses merias wajah

Ya, setting spray bisa membuat makeup tahan lama dan meningkatkan tampilan makeup 

Content Writer | + posts

Writerpreneur, Blogger

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makeup