wanita sedang memakai no makeup makeup look

Pernah dengar tentang no makeup—makeup look? Gaya make up ini cukup populer di kalangan beauty influencer dan peminatnya juga sangat banyak. Ternyata konsep riasan ini sangat populer karena memberi tampilan akhir yang natural layaknya tidak pakai make up sama sekali.

Sesuai namanya, konsep riasan ini ingin menghadirkan tampilan wajah yang natural seperti tidak memakai make up. Terkesan sederhana dan sepele namun riasan wajah seperti ini justru butuh teknik yang cukup sulit. Kamu harus bisa memilih produk kosmetik yang tepat dan teknik pengaplikasiannya juga tidak boleh asal-asalan.

Apa Itu No Makeup Makeup?

Seiring berjalannya waktu, tampaknya tren make up yang natural justru semakin digemari. Salah satu alasannya karena jenis make up yang natural bisa menonjolkan kecantikan alami dari si pemilik wajah.

Selain itu gaya riasan semacam ini juga dianggap cukup sederhana sehingga tidak membebani kulit wajah dengan banyak produk kosmetik.

Salah satu jenis riasan natural yang saat ini banyak digemari adalah no make up — make up. Konsep no make up — make up look adalah riasan yang terkesan seolah-olah kamu tidak memakai make up.

Padahal kamu menggunakan beberapa complexion dan memakai produk-produk tertentu dalam riasan tersebut.

Gaya riasan semacam ini sebenarnya cukup banyak direkomendasikan bagi para pemula. Meskipun ada teknik yang harus dipelajari, namun teknik tersebut cukup sederhana. Paling tidak lebih sederhana daripada jenis make up bold maupun klasik yang membutuhkan banyak aspek untuk diperhatikan.

Pada intinya gaya make up ini akan menonjolkan tampilan kulitmu secara murni. Artinya kamu akan terlihat bare face tanpa make up namun ketidaksempurnaan yang ada di kulitmu tetap bisa tertutup dengan baik.

Cocok sekali untuk diaplikasikan sebagai daily make up bahkan bisa jadi pilihan untuk menghadiri acara formal jika kamu tidak percaya diri dengan riasan bold.

Gaya make up ini juga sangat cocok untukmu yang memiliki tipe kulit sehat dan minim masalah. Artinya kondisi kulitmu memang sudah bagus sehingga tidak perlu menambah lebih banyak lapisan untuk menutupi ketidaksempurnaannya.

Selain itu gaya riasan semacam ini juga akan menguntungkan kulitmu karena tidak perlu menerima make up yang berat.

No Makeup Makeup Tutorial Indonesia

Jika kamu tertarik untuk tampil cantik tanpa makeup berlebih, maka pelajari saja teknik merias wajah yang satu ini. Ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari jika ingin menguasai teknik no make up—make up. Berikut adalah tutorial urutan merias wajah untuk menghasilkan no make up—make up look yang cantik dan manis:

1. Pastikan Kulitmu Sehat dan Bersih

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kulit dalam kondisi yang sehat dan bersih. Apapun jenis gaya riasan yang ingin kamu pakai, kulitmu harus selalu dalam kondisi bersih. Jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kulit dan memakai produk skincare yang biasa kamu gunakan.

Riasan yang natural akan tampak jauh lebih flawless jika kulit wajahmu sehat. Namun perlu diingat bahwa kulit wajah sehat ini tidak bisa didapatkan dalam waktu instan. Kamu harus mempersiapkannya sebaik mungkin dengan membiasakan diri merawat kulit dan memakai skincare yang tepat.

Setelah membersihkan kulit wajah kamu juga bisa pakai toner terlebih dahulu sebelum masuk ke produk makeup. Toner bisa membantu meningkatkan hidrasi kulit sekaligus menyempurnakan proses pembersihan hingga ke pori-pori.

Pilih toner yang tepat sehingga kondisi kulitmu benar-benar siap sebelum proses makeup dimulai.

2. Aplikasikan Pelembap

Sebelum mulai merias wajah, kamu harus memakai pelembap terlebih dahulu. Pelembap merupakan produk wajib yang harus kamu pakai setiap hari demi menjaga kesehatan kondisi kulit.

Pelembap akan membuat kulitmu jadi terhidrasi dan jauh lebih lembap sehingga terhindar dari iritasi.

Perlu diketahui juga bahwa pelembap bisa membantu menyempurnakan proses menempelnya produk riasan yang kamu pakai. Jadi jika ingin mendapat hasil riasan yang sempurna, pakailah pelembap terlebih dahulu.

Pilih produk pelembap yang sesuai dengan tipe kulitmu dan aplikasikan dengan cara yang tepat.

3. Gunakan BB Cushion

Pada dasarnya semua jenis makeup membutuhkan complexion yang tepat. Begitu juga dengan tipe riasan no make up—make up. Namun jenis complexion yang kamu pakai harus disesuaikan dengan tampilan yang kamu inginkan.

Pada tampilan riasan yang natural seperti ini, lebih disarankan untuk memakai BB cushion sebagai complexion dibandingkan foundation.

Biasanya foundation digunakan sebagai complexion untuk jenis riasan secara umum. Namun demi mendapatkan tampilan riasan yang seminimalis mungkin pada no makeup—makeup look ini kamu lebih baik pakai BB cushion.

Pilih BB cushion dengan warna yang sesuai tone kulitmu agar hasilnya jauh lebih bagus.

Selain itu kamu harus memastikan pemakaian complexion ini tidak terlalu tebal. Jika complexion terlalu tebal maka riasan wajahmu tidak akan terlihat alami.

Selain itu kamu juga sebaiknya memilih jenis BB cushion yang sudah mengandung SPF jadi lebih aman karena melindungi kulitmu dari paparan sinar UV.

4. Aplikasikan Primer

Khusus bagi kamu dengan kulit berminyak, cobalah untuk mengaplikasikan primer terlebih dahulu. Primer adalah produk yang bisa menyempurnakan tampilan kulit sekaligus membuat hasil riasan jadi lebih sempurna.

Produk ini akan membantu riasan jadi menempel lebih baik dan awet bahkan saat kamu beraktivitas seharian.

Pilihlah produk primer yang berkualitas dan cocok dengan tipe kulitmu. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan shade warna yang dimiliki oleh primer tersebut.

Pemakaiannya juga harus tepat supaya nanti bisa memberi hasil akhir riasan yang sempurna.

5. Pilih Bedak Translucent

Setelah selesai dengan complexion, maka tahapan make up berikutnya adalah setting dengan bedak. Jika ingin tampilan no make up—make up maka kamu bisa memakai jenis bedak yang translucent atau bedak transparan.

Biasanya jenis bedak ini hadir dalam bentuk bedak tabur dan bisa memberi tampilan riasan yang sangat natural.

Jika complexion yang kamu pakai sudah cukup baik menutup semua kekurangan pada kulit wajah maka bedak translucent ini akan bekerja dengan sangat baik. Wajahmu bisa terlihat jauh lebih cerah dan kesan tanpa makeup lebih terlihat.

Namun tenang saja, semua kekurangan kulitmu tidak akan terlihat karena sudah ada complexion yang kamu pakai sebelumnya.

6. Bentuk Alis dengan Sempurna

Alis menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan ketika kamu merias wajah. Pastikan untuk membentuk alis secara sempurna sehingga bisa mempertegas tampilan mata secara optimal.

Pembentukan alis ini bisa kamu lakukan dengan produk pensil alis yang tepat dan shade warnanya juga harus sesuai konsep riasanmu.

Cobalah untuk merapikan alis terlebih dahulu agar lebih mudah dipertegas menggunakan pensil alis. Kemudian kamu bisa mulai membingkai alismu menggunakan pensil alis. Isilah bagian yang kosong dengan mengusapkan pensil alis secara tipis.

Lakukan tipis saja dan seminimalis mungkin agar tidak terkesan berlebihan dan melenceng dari konsep no make up—make up look.

Bagi kamu yang masih pemula, pembuatan alis ini mungkin akan cukup menantang dan butuh waktu yang lama. Namun kamu bisa semakin mahir setelah berlatih berulang kali.

Jika perlu, kamu bisa menggunakan alat bantu untuk membentuk alis misalnya saja cetakan alis yang saat ini banyak dijual di pasaran.

7. Gunakan Maskara Bening

Tahap berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memakai maskara. Maskara juga menjadi bagian penting dari riasan mata. Maskara akan membuat bulu matamu jadi lebih lentik secara alami.

Asalkan kamu menggunakan jenis maskara yang tepat maka hasil akhirnya tidak akan terlihat norak atau berlebihan.

Pada jenis riasan no makeup makeup ini kamu bisa menggunakan jenis maskara yang bening. Selain itu kamu sangat disarankan untuk menjepit bulu mata terlebih dahulu. Proses menjepit bulu mata ini akan membuatnya terlihat semakin lentik.

Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan maskara secukupnya hingga kamu mendapat tampilan bulu mata sesuai keinginan.

8. Aplikasikan Eyeshadow Berwarna Hangat

Sempurnakan riasan matamu dengan mengaplikasikan eyeshadow. Banyak orang merasa bingung apakah harus memakai eyeshadow untuk konsep no makeupmakeup atau tidak. Sebenarnya pemakaian eyeshadow ini sangat opsional namun tidak ada salahnya untuk tetap menggunakannya.

Jika kamu ingin memakai eyeshadow untuk tampilan no make upmake up maka lebih baik pilih warna yang hangat. Ada banyak pilihan warna hangat yang bisa kamu pakai mulai dari peach, pink, juga cokelat. Tidak perlu menggunakan shimmer untuk memperkuat kesan natural.

Kamu juga sangat disarankan untuk memakai eyeshadow yang berbentuk cair dengan warna matte. Jenis eyeshadow seperti ini jauh lebih mudah untuk diusapkan dan hasil akhirnya juga lebih natural.

Kamu bisa mengusapkan eyeshadow sedikit saja agar tampilan akhir riasan tidak berlebihan.

9. Aplikasikan Blush On Berwarna Natural

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengaplikasikan blush on dengan warna netral. Blush on ini sangat dibutuhkan dalam jenis riasan apapun bahkan untuk no make upmake up.

Namun ingat, kamu harus sangat berhati-hati saat menggunakan blush on agar tidak memberi hasil akhir yang norak dan justru tidak tampak natural sama sekali.

Cobalah untuk memakai blush on dengan warna pink atau peach. Usapkan sedikit saja pada bagian apple cheek agar kamu bisa mendapat rona wajah yang alami dan terlihat segar.

Supaya proses mengaplikasikannya lebih mudah, kamu bisa memakai produk cream blush atau liquid blush on. Apalagi jika kamu masih pemula, jenis blush on ini jauh lebih mudah digunakan.

10. Pilih Lipstik Natural

Selanjutnya silakan aplikasikan lipstik berwarna natural untuk membuat wajahmu jadi lebih hidup. Meskipun hasil akhir yang diharapkan adalah no make up—make up tetapi kamu tetap perlu memakai lipstik.

Asalkan pilih jenis warna yang tidak terlalu norak seperti pink, peach, atau warna-warna nude.

Sebelumnya kamu harus memastikan kondisi bibirmu cukup sehat. Disarankan untuk memanfaatkan produk perawatan yang dirancang khusus untuk merawat bibir. Selain itu kamu juga perlu melakukan scrubbing bibir secara rutin untuk mengelupas kulit mati yang memperburuk tampilan lipstik.

Jika kondisi bibirmu sehat maka lipstik akan lebih mudah menyatu dan hasil akhirnya lebih alami.

F.A.Q

Content Writer | + posts

Writerpreneur, Blogger

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makeup