Makeup untuk kulit sawo matang

Memiliki kulit berwarna coklat atau sawo matang, penggunaan makeup bisa sedikit membingungkan sehingga pemilihan shade produk riasan harus dilakukan dengan tepat agar tidak terlihat belang.  

Asal mengetahui caranya, pengaplikasian riasan pada kulit sawo matang bisa membuatnya terlihat lebih cantik, bahkan dapat menciptakan tampilan alami untuk sehari-hari.  

Pada prinsipnya, pengaplikasian makeup untuk kulit sawo matang tidak berbeda jauh dengan kulit lainnya.  

Namun, ada beberapa trik agar bisa menciptakan tampilan riasan yang cantik dan alami. Berikut cara makeup natural untuk kulit sawo matang dijamin wajah akan terlihat merata dan tidak abu-abu!  

Tips Makeup untuk Kulit Sawo Matang  

Berikut ada beberapa tutorial makeup natural untuk kulit sawo matang dan pemilihan warna makeup untuk kulit sawo matang yang dapat dicoba.  

1. Usahakan Memakai Basic Skincare 

Tidak peduli dengan warna kulit, sebelum menggunakan produk riasan, pastikan wajah dalam keadaan bersih.  

Tips pertama makeup untuk kulit sawo matang adalah pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu agar bebas dari minyak dan kotoran yang menempel di pori-pori.  

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk menggunakan perawatan dasar kulit seperti toner, serum, krim, dan yang paling penting, selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.  

Menggunakan perawatan dasar kulit atau basic skincare tidak hanya meningkatkan kelembapan wajah, tetapi juga memudahkan produk makeup melekat pada kulit.  

Setelah menggunakan skincare dasar, biarkan meresap selama minimal 15 – 30 menit.  

Hindari untuk langsung mengaplikasikan foundation, karena hal ini dapat membuatnya mudah bergeser dan sulit menempel.  

Biarkan produk skincare tersebut meresap terlebih dahulu sebelum menggunakan produk riasan apa pun. 

2. Pilih Shade Foundation yang Sesuai Tone Kulit

pilih shade foundation

Kulit sawo matang sangat cocok dengan menggunakan makeup berwarna-warna yang hangat atau warm sesuai dengan tone kulitnya.  

Oleh karena itu, pemilihan foundation yang sesuai dengan warna kulit menjadi penting agar tampilan wajah tidak terlihat kusam, belang, atau abu-abu.  

Tips dalam memilih foundation untuk kulit sawo matang adalah memilih yang memiliki warna cenderung hangat dan setingkat lebih terang dari warna kulit alami.  

Hal ini bertujuan agar jika terjadi oksidasi, wajah tidak akan terlihat lebih gelap dan kusam.  

Lebih baik menghindari memilih foundation atau BB cream dengan shade yang terlalu terang atau lebih dari dua tingkat, karena hal ini dapat membuat wajah terlihat belang dan tampak abu-abu karena tidak menyatu dengan warna kulit.  

Setelah menemukan shade yang sesuai, aplikasikan dengan secukupnya (jangan terlalu tebal) untuk hasil yang lebih natural dan mampu menutup kekurangan wajah dengan baik.  

3. Aplikasikan Lipstik dengan Shade Warm  

Selain foundation, penting juga memperhatikan pemilihan warna lipstik untuk kulit coklat agar tampilan tidak terlihat menor atau berlebihan.  

Pilihlah lipstik dengan nuansa hangat untuk menciptakan riasan yang natural, namun hindari penggunaan warna pink cerah dan orange cerah.  

Untuk tampil cantik dengan kesan alami pada kulit sawo matang, pilihlah warna lipstik yang memberikan kesan segar, seperti shade nude soft atau coklat muda.  

Hindari penggunaan lipstik matte dengan efek frosty (metalik), karena dapat membuat riasan terlihat berlebihan.  

Sebaiknya pilih lipstik dengan hasil semi-matte, liptint, atau tambahkan sedikit lipgloss untuk tampilan yang lebih alami dan segar.  

4. Aplikasikan Bedak Warna Netral agar Lebih Natural  

Tidak benar jika dikatakan bahwa warna kulit coklat tidak perlu menggunakan bedak karena dapat membuat wajah terlihat abu-abu. Pandangan ini tentu saja tidak akurat, karena fungsi bedak adalah untuk menjaga agar riasan tetap tahan lama sepanjang hari. 

Tidak perlu memberikan lapisan bedak terlalu tebal pada wajah, cukup dengan menggunakan spons atau kuas berukuran besar secara tipis. Penggunaan bedak yang terlalu tebal tidak akan memberikan efek wajah yang lebih cerah, malah dapat menghilangkan kesan alami dan membuatnya terlihat seperti memakai topeng.  

Jenis bedak yang direkomendasikan untuk menciptakan tampilan riasan alami pada kulit coklat adalah bedak translucent. Fungsi bedak translucent adalah menjaga agar riasan tetap tahan lama sepanjang hari. Saat diaplikasikan, bedak ini cenderung transparan sehingga tidak memberikan efek memutihkan wajah. 

5. Pilih Blush On Warna Orange

Pilih Blush On Warna Orange

Bagi pemilik kulit sawo matang, bermain dengan warna terkadang menjadi hal yang menantang, terutama dalam memilih blush on.  

Penggunaan blush on sebaiknya tidak boleh diabaikan dalam rangkaian makeup alami, karena berfungsi sebagai perona pipi untuk memberikan kesan segar dan dimensi pada wajah.  

Kesalahan dalam memilih shade blush on dapat membuat tampilan riasan terlihat tidak sesuai dan kontras dengan warna kulit.  

Hindari warna-warna terang seperti pink dan orange cerah. Sebaiknya, pilihlah shade yang sesuai dengan undertone kulit, seperti nuansa orange, seperti merah bata, coral, dan peach 

Aplikasikan blush on dengan mengikuti kontur tulang pipi secukupnya. Hindari penggunaan berlebihan supaya wajah tidak terlihat kusam dan terlalu mencolok.  

Untuk kemudahan, Anda dapat menggunakan kuas khusus saat mengaplikasikannya. 

6. Hindari Penggunaan Eyeshadow dengan Warna Cerah  

Prinsipnya serupa dengan penggunaan blush on, bagi pemilik kulit warna sawo matang sebaiknya menghindari eyeshadow berwarna cerah.  

Hal ini dikarenakan ketika diaplikasikan, warnanya bisa terlihat kontras atau bahkan terlalu mencolok, mirip seperti efek neon.  

Pilihan shade eyeshadow yang memberikan tampilan alami disarankan menggunakan warna gelap atau yang memiliki undertone hangat, seperti dark brown, peach, nude-brown, dan hitam.  

Selain memberikan kesan elegan, ini juga akan membuat penampilan Anda terlihat lebih segar tanpa terlihat menor.  

Untuk memaksimalkan tampilan riasan mata, pastikan untuk menggunakan maskara guna melentikkan bulu mata.  

Selain itu, tidak ada salahnya juga mengaplikasikan eyeliner secara natural untuk memberikan kesan segar pada mata.  

7. Gunakan Highlighter untuk Menonjolkan Kelebihan Wajah

Gunakan Highlighter untuk Menonjolkan Kelebihan Wajah

Penggunaan highlighter sebenarnya bersifat opsional, boleh dilakukan atau tidak, tergantung preferensi Anda.  

Namun, jika Anda ingin menciptakan tampilan makeup natural untuk kondangan, sebaiknya jangan lupa menggunakan highlighter, ya!  

Highlighter berfungsi untuk memberikan dimensi pada wajah dengan menonjolkan atau menegaskan beberapa area tertentu.  

Umumnya, highlighter digunakan di hidung, dahi, tulang pipi, bawah alis, dan dagu.  

Gunakan dengan secukupnya agar tampilan tidak terlalu berkilap dan terlihat berminyak.  

8. Kunci Dengan Setting Spray 

Selalu ingat untuk menggunakan setting spray setelah menyelesaikan merias wajah.  

Selain berfungsi mengunci makeup agar tetap terlihat baik, tahan lama, dan tidak bergeser, setting spray juga dapat memberikan efek seperti airbrush pada kulit wajah.  

Sudah banyak trik yang dapat membantu mencapai tampilan makeup flawless, termasuk untuk kulit sawo matang.  

Segera pelajari dan terapkan, agar Anda dapat dengan cepat menguasai aplikasi makeup dengan hasil yang sempurna.  

Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang, kunci utama untuk menciptakan tampilan makeup yang tepat terletak pada pemilihan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit dan undertone 

Pastikan untuk memilih varian warna produk yang cocok dengan nuansa kulit dan undertone, terutama pada produk complexion makeup, agar hasilnya tidak terlalu terang atau terlalu gelap.  

Ingatlah bahwa makeup yang cocok untuk wajah tidak harus mengubah warna kulit, melainkan membuat warna kulit asli terlihat sempurna.  

Setelah menemukan produk makeup untuk kulit sawo matang yang cocok, Anda dapat menerapkan tips diatas ini untuk mendapatkan tampilan makeup yang flawless.

FAQ

Lipstik yang cocok digunakan oleh kulit sawo matang dapat menggunakan shade nude soft atau coklat muda.

Warna kulit sawo matang umumnya memiliki nuansa hangat yang cenderung kecoklatan. Kulit ini memiliki kekayaan warna yang indah, mulai dari coklat muda hingga coklat keemasan.  

Kulit sawo matang juga bisa memiliki undertone yang berbeda, seperti kuning atau oranye. Keunikan kulit sawo matang memberikan tampilan yang eksotis dan mempesona.  

Gaya natural dalam makeup dapat cocok dengan berbagai warna kulit, termasuk kulit sawo matang.  

Gaya natural pada dasarnya mengedepankan kesan alami sehingga dapat disesuaikan dengan beragam nuansa kulit.  

Bagi pemilik kulit sawo matang, pilihan warna-warna yang hangat seperti coral, peach, dan nude seringkali menjadi pilihan yang pas untuk menciptakan tampilan natural yang segar dan mempesona.  

Content Writer at Maen Media | + posts

Seorang content writer yang menyukai musik, menonton film, traveling, dan tentu saja menulis.

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makeup