contour makeup

Dalam dunia make up, kamu pasti pernah mendengar istilah kontur atau contouring. Pada dasarnya ini merupakan salah satu bagian dari tahapan make up yang penting untuk kamu lakukan. Contour makeup akan membuat wajahmu jadi terlihat lebih tegas dan menyempurnakan hasil riasan secara menyeluruh.

Selain keahlian dalam mengaplikasikan complexion, kamu sebaiknya juga mempelajari teknik memberi kontur yang tepat pada wajahmu. Ini akan membuat tampilan make up jadi jauh lebih sempurna. Terutama bagi kamu yang ingin mengaplikasikan gaya riasan kuat dengan menonjolkan struktur wajah.

Mengenal Apa Itu Kontur Makeup

Mari berkenalan dulu dengan kontur makeup sebelum mulai mempelajarinya lebih jauh. Contour makeup adalah tampilan yang akan memperlihatkan struktur wajah. Kamu juga bisa menyebutnya sebagai teknik contouring dimana kamu akan mengaplikasikan teknik make up tertentu agar struktur wajah terlihat lebih jelas dan tegas.

Teknik contouring ini sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan tampilan make up dan membuat detail struktur wajahmu lebih terlihat. Meskipun tingkatannya bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan dan gaya make up. Misalnya saja untuk make up sehari-hari yang terkesan natural, contouring bisa dilakukan seperlunya saja tanpa perlu terlihat terlalu jelas.

Langkah Awal dalam Melakukan Kontur Makeup

Tentu saja pembuatan kontur make up ini tidak boleh dilakukan asal-asalan. Jika kamu sembarangan melakukan contouring maka struktur wajahmu bisa berbeda. Hal ini pada akhirnya bisa berpengaruh pada tampilan make up secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan contour makeup yang bagus:

1. Persiapkan Kondisi Wajahmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan kondisi wajahmu. Ini sebenarnya merupakan langkah awal yang memang wajib untuk dilakukan jika kamu ingin merias wajah. Pastikan bahwa kulitmu dalam kondisi siap untuk menerima berbagai jenis produk kosmetik.

Mulailah dengan pemakaian skincare seperti toner dan pelembap. Pastikan sebelumnya kamu sudah mencuci bersih wajah terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan tekstur cair yang ringan. Kamu juga bisa memilih jenis foundation dengan hasil akhir matte agar tekstur kulit jadi terlihat lebih mulus.

2. Aplikasikan Highlighter

Selanjutnya kamu bisa mulai mengaplikasikan highlighter. Di sini kamu bisa fokus pada tiga area penting di wajah yaitu di bawah kedua mata memanjang dari pangkal menuju puncak hidung. Setelah itu kamu juga perlu mengaplikasikan highlighter di bagian tengah dagu. Gunakan secukupnya saja dan pastikan kamu mengaplikasikannya senatural mungkin.

kuas makeup

3. Mulai lakukan Contouring

Dalam melakukan contouring, kamu harus bisa memahami struktur tulang wajahmu terlebih dahulu. Struktur tulang ini akan menjadi panduan bagi kamu dalam membuat kontur wajah yang tepat. Biasanya titik-titik yang menjadi fokus dari pembuatan kontur adalah bawah tulang pipi, bawah rahang, bagian kiri kanan kening, dan tepi kiri kanan batang hidung.

Kamu bisa menggunakan shade berwarna gelap di beberapa titik yang sudah disebutkan tadi. Cobalah untuk menggunakan jari saat membuat kontur wajah. Ikuti saja struktur tulang wajah yang kamu miliki dengan ujung jarimu tadi.

Pastikan bahwa kamu sudah memilih produk-produk yang tepat dalam proses contouring ini. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah pilihan shade warna. Jangan sampai warna yang kamu gunakan terlalu gelap karena nanti bisa merusak struktur tulang wajah naturalmu. Namun juga sebaiknya tidak terlalu terang karena kontur make up bisa tidak terlihat.

Selain mempelajari langkah awal dalam mengaplikasikan kontur tadi, kamu juga harus tahu bagaimana cara finishing-nya. Setelah selesai membuat kontur, kamu sebaiknya membaurkan hasil highlighting dan contouring secara merata. Tujuannya agar tampilan yang dihasilkan terlihat jauh lebih natural.

Jika sudah terlihat cukup natural, maka kamu bisa segera mengaplikasikan bedak bubuk translucent. Bedak seperti ini perlu digunakan untuk mengunci hasil contouring tadi. Hasil riasanmu juga bisa bertahan lebih lama berkat pemakaian bedak tersebut.

Teknik Aplikasi Kontur yang Mudah untuk Pemula

contour makeup

Bagi para pemula, teknik face contouring ini mungkin terasa masih begitu sulit. Namun tidak ada salahnya mencoba dan terus berlatih agar kamu bisa menghasilkan contour make up yang sempurna. Berikut ini ada beberapa teknik aplikasi kontur yang cukup mudah untuk dicoba oleh para pemula:

1. Gunakan Base Makeup yang Tepat

Pastikan dulu kamu memakai base makeup dengan tepat. Dalam setiap proses merias wajah, base atau dasar makeup ini sangatlah penting. Ini merupakan langkah awal yang akan berpengaruh pada tampilan dasar kulit wajahmu sebelum memakai produk make up lainnya.

Beberapa produk dasar yang perlu kamu pakai di antaranya adalah foundation, BB cream, cushion, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Pastikan pilihan produknya tepat dan kamu harus memilih warna yang sesuai dengan undertone kulit. Pilih warna yang satu tingkat lebih cerah dibandingkan warna kulitmu.

Demi menyempurnakan tampilan base make up, kamu bisa menambahkan bedak tabur. Cukup aplikasikan sedikit saja untuk membuat base make up lebih terlihat natural dan awet. Jika kamu memakai base make up dengan tepat maka proses contouring nanti akan berjalan lebih mudah dan hasilnya juga lebih bagus.

2. Pilih Produk Kontur dan Kuas yang Cocok

Selanjutnya kamu juga perlu memilih produk kontur dan kuas yang cocok untuk mengaplikasikan produk. Ada dua jenis produk kontur yang biasanya digunakan yaitu produk berbentuk krim dan padat. Keduanya sama-sama memiliki hasil yang bagus jika diaplikasikan dengan cara yang tepat.

Kamu bahkan bisa menggunakan kedua jenis produk kontur tadi secara bersamaan. Produk kontur yang krim bisa kamu pakai sebelum bedak tabur agar hasil riasan lebih awet. Sementara itu produk kontur yang berbentuk padat bisa kamu aplikasikan setelah bedak tabur agar tampilan make up terlihat matte.

Biasanya para pemula yang masih belajar contouring akan lebih direkomendasikan untuk memakai produk konturĀ  jenis krim. Selain itu jenis kuasnya juga sebaiknya lebih halus dan berbentuk kecil. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah mengaplikasikan produk dan menyesuaikannya dengan struktur wajah.

3. Cari Tahu Bagian Mana yang Perlu Dikontur

Pastikan kamu sudah tahu bagian wajah mana saja yang harus diberi kontur. Ini juga sangat penting karena proses contouring memang perlu dilakukan dengan tepat demi memberi tampilan makeup yang sempurna. Jadi terlebih dahulu kamu perlu mengamati struktur tulang wajahmu secara cermat.

Ada beberapa bagian wajah yang sebaiknya kamu beri kontur. Mulai dari area bawah rahang, tulang pipi, pelipis, dan sisi hidung. Namun kembali lagi pada kebutuhan masing-masing karena setiap orang memiliki bentuk atau struktur wajah yang berbeda. Jadi pastikan kamu memahami bentuk wajahmu dengan baik dan tahu mana saja kontur yang harus dipertegas.

4. Aplikasikan secara Halus dan Merata

Sebagai pemula, kamu bisa mulai mengaplikasikan kontur secara halus dan merata. Mulailah mengaplikasikan produk secara perlahan. Gunakan produk sedikit demi sedikit agar bisa membaur secara sempurna dengan base make up yang sudah kamu pakai sebelumnya.

Inilah alasan mengapa pemula disarankan untuk memakai kuas berukuran kecil. Jika kamu memakai kuas berukuran kecil maka akan lebih mudah untuk mengaplikasikan produk kontur secara perlahan. Namun kamu juga bisa memakai spons apabila memang terasa jauh lebih nyaman dan mudah.

Teknik Kontur untuk Wajah

Ada beberapa jenis teknik kontur yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajahmu. Sebaiknya kamu pelajari teknik yang tepat agar hasil riasan jadi lebih optimal. Berikut adalah beberapa teknik kontur make up sesuai bentuk wajah:

1. Wajah Berbentuk Hati

Pada jenis wajah seperti ini, kamu bisa mengaplikasikan kontur di sisi kening dan pelipis agar struktur wajah bisa seimbang. Lalu kamu bisa aplikasikan lagi kontur di bawah tulang pipi dan ujung dagu. Sementara itu highlighter bisa kamu aplikasikan di bagian bawah mata dengan bentuk segitiga. Jangan lupa aplikasikan juga highlighter di bagian tengah dagu dan kening.

2. Wajah Berbentuk Kotak

Bagi pemilik wajah kotak, maka kamu bisa aplikasikan kontur di bagian sisi kening dan bawah tulang pipi. Kemudian aplikasikan juga kontur di bawah tulang rahang lalu highlighter bisa diaplikasikan di tengah dagu dan kening.

3. Wajah Berbentuk Bulat

Jika kamu memiliki wajah yang bulat, maka kamu bisa mengaplikasikan kontur di sepanjang pelipis dan kening. Bawah tulang pipi dan bagian tulang rahang juga bisa kamu berikan kontur. Kemudian untuk highlighter-nya bisa kamu aplikasikan di bagian tengah dagu, tengah kening, dan di bawah mata.

4. Wajah Berbentuk Oval

Wajah berbentuk oval bisa diberi kontur di bagian sisi kening dan di bawah tulang pipi. Sementara itu highlighter bisa disapukan di bagian tengah dagu, tengah kening, tulang alis, dan bagian bawah mata.

5. Wajah Berbentuk Diamond

Pemilik wajah dengan bentuk diamond bisa mengaplikasikan kontur di bagian bawah tulang pipi saja. Kemudian untuk highlighter-nya bisa diaplikasikan fokus di bagian bawah mata, tengah kening, tengah dagu, dan tulang alis.

Cara Menggunakan Kontur untuk Memperbaiki Proporsi Wajah

Kontur make up juga bisa diandalkan untuk memperbaiki proporsi wajah seseorang. Bagaimanapun juga make up memang dipakai untuk menyempurnakan tampilan wajah yang dirasa kurang sempurna. Jika kamu merasa proporsi wajahmu kurang pas, maka kamu bisa menerapkan teknik contouring yang tepat.

Pahami dulu seperti apa bentuk wajahmu lalu bagian mana saja yang sebaiknya diberi kontur. Setelah itu kamu bisa menerapkan beberapa teknik contouring yang sudah dibahas tadi sesuai dengan bentuk wajah. Setelah mencoba teknik tersebut, coba perhatikan seperti apa hasil make up yang kamu dapatkan.

Dari sini kamu bisa mengetahui apakah teknik contouring yang kamu aplikasikan sudah tepat atau belum. Cobalah membandingkan proporsi wajahmu sebelum dan sesudah menggunakan kontur. Lakukan perbaikan di beberapa titik jika kamu merasa proporsi wajah masih kurang pas.

Pada dasarnya teknik contouring ini tidak ada aturan baku, sama halnya seperti make up secara keseluruhan. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan wajahmu dan tampilan seperti apa yang kamu inginkan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba dan dapatkan teknik contouring yang paling sesuai dengan bentuk wajahmu.

F.A.Q

Concealer untuk menyamarkan noda hitam dan warna kulit tidak merata sedangkan contour untuk mempertegas struktur tulang wajah.

Kamu bisa menggunakan produk highlighter dan contour untuk membuat kontur make up yang bagus.

Saat kamu ingin menghasilkan make up apapun, namun lebih utama untuk jenis make up bold.

Content Writer | + posts

Writerpreneur, Blogger

Editor | + posts

Hai, aku Otip. Aku seorang Content Editor di InboundID. Aku senang membahas hal yang berkaitan dengan kecantikan, teknologi, dan game.

Namun, sesekali juga asik menjelajahi pop culture dan budaya. Selain mengulas artikel, aku juga memiliki keahlian di bidang Content Marketing dan Inbound Marketing.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makeup