Cara Memakai Eyeshadow dengan Mudah bagi Pemula, Yuk Belajar!

Takut belepotan atau warna nggak menyatu saat mengaplikasikan eyeshadow? Ikuti cara memakai eyeshadow yang benar bagi pemula ini.  

Kamu yang sedang belajar menggunakan makeup harus sering berlatih mengaplikasikan eyeshadow. Bagian mata ini harus tampak menonjol.  

Warna-warna yang diaplikasikan pun seharusnya merata dengan baik. Apalagi jika kamu memilih menggunakan lebih dari satu warna. Cek seperti apa caranya.  

6 Cara Memakai Eyeshadow untuk Pemula dengan Benar  

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memilih warna yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Kamu bisa mempelajari hal ini terlebih dahulu sebelum membeli eyeshadow 

Kamu yang sudah memiliki eyeshadow sesuai dengan warna, maka bisa melanjutkan dengan mengikuti beberapa cara pemakaiannya yang mudah berikut: 

1. Mengaplikasikan Primer atau Concealer  

Mulai dengan mengaplikasikan primer atau concealer pada permukaan kelopak mata. Primer maupun concealer bisa membuat kulit menjadi lebih rata dan memiliki warna yang mudah memunculkan warna eyeshadow 

Selain itu, primer juga bisa membuat eyeshadow bertahan lebih lama di kelopak mata. Jika kamu hendak menghadiri acara penting, pastikan untuk menggunakannya.  

Cara menggunakan primer ini sangat mudah, tinggal ambil sedikit kemudian ratakan di kelopak mata dengan beauty blender.  

Bisa juga menggunakan kuas, namun karena teksturnya yang creamy sebaiknya aplikasikan secara lembut.  

2. Mengaplikasikan Warna Dasar  

Jika kamu ingin menggunakan satu warna maka hanya sampai pada tahapan ini saja. Beda jika kamu ingin mengaplikasikan dua atau tiga warna.  

Langkah ini menjadi dasar pemberian warna. Kamu bisa memilih warna natural yang netral untuk seluruh penampilan mata.  

Caranya, mulai dengan dari bagian garis bulu mata kemudian beranjak naik sampai ke atas lipatan mata. Apabila sudah merata, lanjutkan sampai lebih tinggi ke dekat alis.  

Berikan sedikit jarak antara warna di bawah alis agar tidak tampak berlebihan. Supaya lebih rapi, ambil brush kemudian ratakan ke seluruh area agar warna lebih memukau.  

3. Mengaplikasikan Warna di Tengah Kelopak Mata  

Jika kamu menggunakan tiga warna, maka langkah kedua adalah mengaplikasikan ke tengah kelopak mata menggunakan warna yang terang atau gelap.  

Kombinasikan saja warna yang tepat dengan warna dasar eyeshadow. Cara aplikasinya cukup diratakan di area bawah lipatan mata saja.  

Kemudian baru ratakan menggunakan brush sampai ke warna dasar tadi. Maka warnanya pun akan membentuk gradasi yang membuat warna jadi bagus.  

4. Aplikasikan Warna Gelap di Ujung Luar Mata  

Saat ingin membuat dimensi pada mata, kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan warna gelap seperti coklat tua atau warna charcoal 

Warna ini bisa kamu aplikasikan langsung di bagian ujung luar mata dengan kuas. Cukup tepuk sedikit saja agar bubuk eyeshadow tidak jatuh ke pipi.  

Kemudian kamu bisa menggunakan brush untuk membaurkan warna gelap ini ke bagian bawah tulang alis sampai ke tengah lipatan bola mata.  

Khusus untuk cara ini kamu harus menggunakan brush dengan ujung yang rata dan sedikit lancip agar bisa membentuk garis kelopak mata yang indah.  

5. Menambahkan Highlighter  

Demi menciptakan kesan yang terang, kamu perlu menggunakan highlighter dan juga glitter. Highlighter hanya perlu diaplikasikan pada bagian ujung dalam mata.  

Cukup aplikasikan dalam bentuk satu titik saja untuk menonjolkan mata yang lebih lebar. Bisa juga diberikan pada bagian tengah kelopak mata untuk membuat mata lebih fresh.  

Jika ingin memberikan efek Korean look, kamu bisa mengaplikasikan highlighter ini pada bagian bawah mata untuk menciptakan efek kantung mata.  

Kamu juga bisa menambahkan highlighter di ujung luar mata untuk memberikan kesan mata belo. Pilih saja salah satu aplikasi highlighter ini untuk memberikan efek yang lebih indah.  

6. Merapikan Eyeshadow dengan Cotton Bud  

Bisa juga merapikan warna yang sudah kamu buat menggunakan cotton bud. Misalnya saja jika bagian highlighter dirasa masih kurang menyatu.  

Bahkan highlighter juga bisa diaplikasikan menggunakan cotton bud khusus bagian ujung luar mata saja.  

Apabila ada bagian warna eyeshadow yang keluar dari kelopak mata kamu bisa menggunakan cotton bud ini untuk merapikannya.  

Caranya adalah membasahi ujung cotton bud menggunakan makeup remover, kemudian hapus sedikit warna eyeshadow yang tidak rata. 

Supaya halus, kamu bisa menutup bagian tersebut menggunakan bedak.  

8 Cara Mendapatkan Hasil Optimal Memakai Eyeshadow 

Masih merasa eyeshadow kurang sempurna padahal sudah mengikuti langkah yang benar? Ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menyempurnakannya.  

Beberapa cara berikut ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil optimal.  

1. Pakai Brush Halus yang Berkualitas 

Hasil optimal hanya akan kamu dapatkan kalau menggunakan brush yang berkualitas. Jadi jangan sembarangan untuk membeli brush dan pastikan jenisnya tepat.  

Area mata memiliki kulit yang sensitif, sehingga brush yang digunakan harus sesuai untuk menjaganya. Ada baiknya membeli brush yang tidak berharga murah.  

Saat membeli, rasakan apakah bulu-bulu brush terasa halus di telapak tangan. Brush yang halus juga akan menunjang blending warna eyeshadow jadi lebih merata. 

2. Pastikan Menggunakan Base Eyeshadow agar Awet  

Warna eyeshadow jadi lebih merata dan juga menonjol jika kamu menggunakan base eyeshadow. Kamu bisa memilih base eyeshadow yang berwarna transparan.  

Namun ada juga base eyeshadow dengan warna putih, krem dan juga coklat terang. Sekali lagi, pemilihan warnanya bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu ya.  

3. Jangan Lupa Pakai Eyeshadow Warna Gelap  

Pada bagian lipatan mata, kamu bisa menambahkan warna eyeshadow yang gelap. Warna ini akan membuat mata lebih menonjol karena dapat menarik cahaya.  

Selain itu warna gelap ini juga akan menciptakan kedalaman dan dimensi pada kelopak mata. Supaya bayangan yang dihasilkan tepat, kuncinya ada pada teknik blending 

Kamu bisa menerapkan teknik ini dengan tepat menggunakan brush yang berkualitas.  

4. Menambahkan Highlight  

Supaya tampilan mata lebih berkilau jangan lupa untuk menambahkan highlighter dan juga glitter di area dalam dan luar mata.  

Aplikasikan sedikit saja di bagian ujung untuk membuat mata berkesan meriah. Kamu bisa mengenakan riasan mata ini ketika ingin berkunjung ke acara formal.  

Selain itu penambahan glitter juga akan memberikan kesan dramatis. 

5. Aplikasikan Eyeshadow pada Seluruh Kelopak Mata  

Cara pakai eyeshadow yang benar bukan hanya di bagian tengah kelopak mata. Kamu harus meratakannya bahkan sampai di bawah area alis.  

Khususnya untuk warna dasar eyeshadow yang netral. Supaya cepat kamu dapat meratakannya menggunakan jari agar warna lebih keluar pada kulit.  

Begitu juga dengan warna kedua yang ditambahkan bisa menyeluruh ke kelopak mata. Jadi jangan takut untuk meratakannya secara penuh.  

6. Kenakan Eyeshadow Warna Gelap  

Mengaplikasikan makeup pada mata bukan hanya sekedar eyeshadow saja. Demi kesempurnaan, kamu juga harus menentukan eyeliner.  

Penggunaan eyeliner ini harus tepat, baik dari segi warna sampai garis yang dibuat. Soal warna, kamu bisa memilih eyeliner warna gelap karena bisa memberikan efek bulu mata lebih tebal.  

Selain itu jenis garis yang dibuat juga bisa disesuaikan dengan makeup yang ingin dibuat. Misalnya untuk efek bold, kamu bisa membuat cat eye, jika ingin membuat makeup ala Korea buat garis ke bawah untuk efek puppy eye.  

7. Pastikan Menggunakan Eyeshadow Berkualitas  

Tidak kalah penting, sebaiknya kamu membeli eyeshadow dengan kualitas terbaik. Pasalnya saat ini ada cukup banyak jenis eyeshadow dari segi tekstur.  

Mulai dari eyeshadow berjenis bubuk yang tidak terlalu tahan lama, hingga berjenis cream yang mudah diaplikasikan dan memberikan efek matte 

Eyeshadow dengan harga murah biasanya tidak bisa bertahan lama, sehingga cocok jika kamu hanya ingin menggunakannya untuk aktivitas singkat.  

8. Aplikasikan Eyeshadow Pertama sebelum Bagian Lain  

Sebelum memulai langkah langkah memakai eyeshadow ini ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu mengaplikasikannya sebelum riasan lain.  

Usai membuat base makeup kamu sebaiknya mengaplikasikan langsung fokus pada bagian mata, karena bagian inilah yang cukup sulit.  

Bahkan beberapa beauty vlog seringkali mengaplikasikan hanya area mata terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation dan juga concealer 

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Eyeshadow  

Saat ingin mengaplikasikan eyeshadow kamu harus tahu tipenya karena akan menentukan ketahanannya.  

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe.  

1. Tipe Krim  

Saat ini lebih banyak dipilih karena bisa memberikan efek warna yang lebih intens. Biasanya tersedia juga untuk digunakan sebagai blush dan juga lip cream.  

Eyeshadow tipe ini jauh lebih praktis karena kamu hanya perlu menggunakan satu produk saja untuk beberapa aplikasi makeup.  

2. Tipe Bubuk  

Eyeshadow yang sangat banyak tersedia dalam berbagai varian warna. Eyeshadow tipe ini sangat cocok bagi pemula agar bisa belajar bagaimana cara blending dengan tepat.  

Pilihan warnanya yang beragam juga membuat pemula dapat eksplor mengenai warna di bagian mata.  

3. Tipe Cair 

Biasanya hanya digunakan oleh profesional yang terbiasa dalam mengaplikasikan makeup. Pasalnya eyeshadow ini sulit untuk dicampurkan pada kelopak mata.  

Namun efek yang diberikan jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan tipe krim. Jika kamu sudah terbiasa dan hali sebaiknya cobalah tipe cair ini.  

4. Tipe Tabur  

Mirip dengan bedak, eyeshadow tipe ini memiliki kelebihan dalam tekstur shimmer. Jika kamu ingin memiliki tampilan yang dramatis maka eyeshadow ini bisa digunakan. 

FAQ

Aplikasikan primer atau base eyeshadow agar hasilnya lebih awet dan merata. 

Tidak sulit bukan cara memakai eyeshadow bagi para pemula. Kamu yang baru belajar bisa ikuti langkahnya dengan cermat.

Content Writer at Maen Media | + posts
Editor at Maen Media | + posts

Felicia I., kini bekerja sebagai Content Editor yang akrab dengan konten SEO dan Copywriting.

Aktif menulis sejak 2017, dan hobi mengeksplor seputar musik, K-Pop, serta film to romanticize her life.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makeup